Buat yang belum tahu PHP, semoga catatan ini bisa membantu anda mengenal PHP🙂

PHP awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page, kemudian diganti menjadi PHP: Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk pengembangan web, yaitu untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.

Maksudnya dinamis adalah dapat berinteraksi dengan pengunjung. Misalnya menyimpan data, melakukan pencarian data, mengirim email, dsb. Contoh website dinamis adalah sebuah blog, dimana halaman website dapat berubah setiap saat sesuai dengan tulisan yang di masukan oleh pengelola ataupun komentar yang dimasukan oleh pengunjung.

Script PHP dapat dimasukkan ke dalam HTML dan berjalan pada sebuah server web yang dilengkapi dengan interpreter untuk memproses kode PHP. Saat ini PHP dapat digunakan pada hampir setiap server web dan di hampir semua sistem operasi dan platform.

PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dan kemudian dikembangkan terus oleh para programmer sejak saat itu. Pengembangan utama PHP sekarang ditangani oleh The PHP Group.

PHP merupakan software open source yang dirilis di bawah lisensi PHP, yang tidak kompatibel dengan GNU General Public License (GPL) karena pembatasan pada penggunaan istilah PHP. Singkatnya, penggunaan PHP adalah gratis.

Apa yang kita perlukan untuk mulai belajar PHP?

Kita perlu menginstall web server (misal: Apache), interpreter PHP dan database MySQL. Supaya lebih gampang installnya, download aja paket installer. Terus install semua software yang dibutuhkan hanya dengan sekali klik:

Download installer XAMPP

Penjelasan instalasi ada di InstallingConfiguringDevelopingWithXAMPP.pdf